MAHASISWA BERPRESTASI




Kehidupan kampus mahasiswa hanya seputar di kelas lalu pulang atau bertemu teman dan mengobrol. Apakah itu cukup? Tentu saja tidak. Jika hanya seperti itu mahasiswa tidak akan menjadi seseorang yang hebat kelak. Mereka juga harus berprestasi untuk menunjang karirnya. Selesai kuliah, bekerja atau menambah daftar pengguran terdidik? Artinya, pada wilayah ini mahasiswa bersentuhan dengan kemampuan akademik dan IPK.
Mahasiswa yang berprestasi adalah mahasiswa yang terjamin kualitas sumber daya manusianya. Mereka dikatakan berprestasi karena telah melakukan suatu hal yang lebih baik dari mahasiswa lainnya, mendapat sebuah penghargaan atau menjadi mahasiswa yang mengukir catatan kebanggaan lainnya. Prestasi mereka tentu saja tidak akan menjadi hitam diatas putih. Prestasi yang diraih mahasiswa dapat digunakan untuk mempermudah mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. Selain prestasi yang mereka dapatkan, tentu saja juga membuat bangga orang tua, teman-teman, pendidik, dan almamater.
Meskipun demikian, mahasiswa berprestasi bukan yang hanya belajar, belajar, dan belajar saja, melainkan juga mampu dalam berorganisasi serta memiliki budi pekerti luhur. Apalagi mahasiswa yang bisa menyeimbangkan antara kuliah dan organisasi.
Mahasiswa sekarang, cenderung mempresepsikan prestasi hanya sebatas kemampuan akademik dan IPK sehingga terjebak pada ranah formalitas dan menganggap bahwa dosen merupakan medium satu-satunya sumber ilmu. Kehidupan di kampus sebatas ajang bergaul dengan teman-teman satu kelas, karena tidak mengikuti kegiatan apapun di kampus, kecuali kuliah. Mind-set yang dibangun pun bersifat datar, yaitu IPK coumlade, kuliah tepat waktu, lulus jadi PNS misalnya.
Maka setiap mahasiswa hendaknya benar-benar bisa mengolah diri dan waktunya, ia harus mengetahui bagaimana caranya meraih prestasi yang tinggi, dan melaksanakannya dengan penuh kesungguhan. Ini yang harus diprioritaskan. Kemudian, ia harus menyisihkan waktunya untuk berlatih berorganisasi. Ia bisa memilih di antara organisasi yang ada, baik intra maupun ekstra kampus. Dalam hal ini ia harus selektif agar organisasi yang dipilihnya tidak justru membelokkan tujuan pokoknya, yaitu berprestasi dalam studi.  Yang terakhir ia harus belajar tentang sopan-santun dan tata karma, baik dalam bertutur maupun berperilaku. Ia harus bisa menempatkan diri di hadapan atau kepada siapa ia berucap dan bertindak. Setiap orang hendaknya tahu, bahwa makin tinggi status orang yang dihadapi, maka makin dibutuhkan kehalusan budi pekerti. Berprestasi, berorganisasi, berbudi pekerti luhur, itulah sosok mahasiswa ideal.

===================================================

Gaya kalimat yang digunakan,
a)    Kalimat berkompilasi:
-      Maka setiap mahasiswa hendaknya benar-benar bisa mengolah diri dan waktunya, ia harus mengetahui bagaimana caranya meraih prestasi yang tinggi, dan melaksanakannya dengan penuh kesungguhan.
-      Berprestasi, berorganisasi, berbudi pekerti luhur, itulah sosok mahasiswa ideal.
b)   Kalimat bervariasi:
-      Apakah itu cukup? Tentu saja tidak. Jika hanya seperti itu mahasiswa tidak akan menjadi seseorang yang hebat kelak. (Variasi kalimat pertanyaan)
-      Selesai kuliah, bekerja atau menambah daftar pengguran terdidik? Artinya, pada wilayah ini mahasiswa bersentuhan dengan kemampuan akademik dan IPK. (Variasi kalimat pertanyaan)
-      Prestasi yang diraih mahasiswa dapat digunakan untuk mempermudah mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. (Variasi kalimat pernyataan)
-      Mind-set yang dibangun pun bersifat datar, yaitu IPK coumlade, kuliah tepat waktu, lulus jadi PNS misalnya. (Variasi kalimat pernyataan)
c)    Kalimat pengulangan:
-      Meskipun demikian, mahasiswa berprestasi bukan yang hanya belajar, belajar, dan belajar saja, melainkan juga mampu dalam berorganisasi serta memiliki budi pekerti luhur. (Kalimat berepetisi bentuk)
d)   Kalimat pengonstruksian idiomatik:

-      Selain prestasi yang mereka dapatkan, tentu saja juga membuat bangga orang tua, teman-teman, pendidik, dan almamater.

1 comments:

flowerry@blogspot.com said...

thanks utk sharingnya gan, yuk kunjungi website kita https://www.uma.ac.id/ kampus terbaik dan nomor satu di sumatera utara :)

Post a Comment

Copyright by Fauziah Safarina 2012. Powered by Blogger.

GUNADARMA UNIVERSITY

STUDENTSITE NEWS

My Twitter

Twitter icon

My Tweets

Loading..

Popular Posts

Total Pageviews